Rencana Kerja Tahunan BTKLPP Kelas 1 Manado tahun 2018

March 13, 2018
March 13, 2018 Contributor

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Pembangunan kesehatan merupakan upaya untuk memenuhi salah satu hak dasar rakyat, yaitu hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan Undang-Undang No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia yang antara lain diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Pengukuran Indeks Pembangunan Manusia kesehatan adalah salah satu komponen utama selain pendidikan dan pendapatan. Kesehatan juga merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan dibutuhkan perubahan cara pandang dari paradigma sakit ke paradigma sehat.

Pembangunan kesehatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan untuk kurun waktu tahun 2015 – 2019 dituangkan dalam bentuk Rencana Strategi (Renstra) Pembangungan Bidang Kesehatan yang memuat arah kebijakan, strategi, tujuan dan sasaran serta program-program dan tata cara penyelenggaraan, pemantauan dan penilaian yang dilengkapi dengan indikator kinerja yang merupakan bentuk dari akuntabilitas kinerja Kementerian Kesehatan, dengan penekanan pada pencapaian sasaran Prioritas Nasional, Standar Pelayanan Minimal (SPM), Millenium Development Goals (MDG’s) dan Sustainable Development Goals (SDGs).

Rencana Aksi Program (RAP) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) merupakan penjabaran dari rencana strategis Kementerian Kesehatan dan secara teknis menjadi tanggung jawab Direktorat Jenderal P2P dengan tujuan Menurunkan Angka Kesakitan, Kecacatan dan Kematian Akibat Penyakit. Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2018 telah ditetapkan oleh Presiden melalui peraturan Presiden nomor 79 tahun 2017. Rencana Kerja Pemerintah tersebut memuat prioritas pembangunan, rancangan kerangka ekonomi makro, program-program kementerian/lembaga, lintas kementerian/lembaga dan lintas wilayah serta kerangka kelembagaan, kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

Program prioritas kesehatan dalam RKP tahun 2018 adalah peningkatan derajat kesehatan dan gizi masyarakat, meningkatkan pemerataan akses pelayanan kesehatan, dan peningkatan perlindungan finansial yang dilakukan melalui tiga kegiatan prioritas yaitu 1) peningkatan kesehatan ibu dan anak, 2) pencegahan dan pengendalian penyakit, 3) penguatan upaya promotif dan preventif “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”.

Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2018 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan holistic tematik, integrative dan spasial serta penganggaran belanja dilakukan berdasarkan pendekatan money follow program dengan cara memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat yang dialokasikan anggarannya dan bukan sekedar karena tugas dan fungsi kementerian/lembaga.

Berdasarkan pendekatan tersebut Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit turut terlibat dalam pelaksanaan tiga kegiatan prioritas yaitu 1) pencegahan dan pengendalian penyakit menular, 2) pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular, 3) surveilans, imunisasi dan karantina kesehatan. Hal ini berbeda dengan perencanaan tahun sebelumnya dimana Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit hanya melaksanakan lima program.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.