April 22, 2019 Contributor

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Pembangunan Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, untuk itu pembangunan kesehatan hendaknya dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan.

Upaya pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan perlu pengembangan kinerja surveilans, teknologi laboratorium dan analisis dampak kesehatan lingkungan yang diarahkan untuk melakukan pemantauan wilayah setempat kewaspadaan dini dan upaya penanggulangan antara lain melalui teknologi tepat guna serta pengendalian faktor resikonya. Upaya pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan yang intensif masih sangat diperlukan, mengingat masalah kesehatan cenderung semakin komplek disertai munculnya tantangan baru berupa perubahan gaya hidup yang tidak sehat, meningkatnya faktor resiko penyakit dan tuntutan untuk mewujudkan millenium development goalsdan Sustainable Development Goals.

Kecenderungan perubahan lingkungan yang dihadapi di wilayah kerja saat ini adalah transisi lingkungan yang ditandai dengan adanya bencana alam dan perubahan iklim dan industrialisasi, perubahan gaya hidup yang cenderung menjadi tidak sehat, kondisi kesehatan lingkungan dimana masih ditemukan terbatasnya akses masyarakat akan air bersih dan sanitasi lingkungan yang belum memenuhi syarat.

Laporan Kinerja BTKLPP Kelas I Manado mendukung pelaksanaan Renstra Kemenkes yang melaksanakan visi dan misi Presiden Republik Indonesia yaitu “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-royong”. Upaya untuk mewujudkan visi ini adalah melalui 7 misi pembangunan yaitu:

  1. Terwujudnya keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumber daya maritim dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
  2. Mewujudkan masyarakat maju, berkesinambungan dan demokratis berlandaskan negara hukum.
  3. Mewujudkan politik luar negeri bebas dan aktif serta memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
  4. Mewujudkan kualitas hidup manusia lndonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
  5. Mewujudkan bangsa yang berdaya saing.
  6. Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional, serta
  7. Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

 

Selanjutnya terdapat 9 agenda prioritas yang dikenal dengan NAWA CITA yang ingin diwujudkan pada Kabinet Kerja, yakni:

  1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga Negara.
  2. Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.
  3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
  4. Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya.
  5. Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.
  6. Meningkatkan produktifitas rakyat dan daya saing di pasar Internasional.
  7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
  8. Melakukan revolusi karakter bangsa.
  9. Memperteguh ke-Bhineka-an dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

 

Kementerian Kesehatan mempunyai peran dan berkonstribusi dalam tercapainya seluruh Nawa Cita terutama dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Terdapat dua tujuan Kementerian Kesehatan pada tahun 2015-2019, yaitu: 1) meningkatnya status kesehatan masyarakat dan; 2) meningkatnya daya tanggap responsiveness) dan perlindungan masyarakat terhadap risiko sosial dan finansial di bidang kesehatan.

Laporan kinerja merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi BTKLPP Kelas I Manado atas penggunaan anggaran. Laporan kinerja BTKLPP Kelas I Manado tahun 2017 berdasarkan PERMEN PAN dan RB No. 53 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, Dan Tatacara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. Pada tahun 2017 laporan kinerja BTKLPP Kelas I Manado berdasarkan realisasi fisik indicator kinerja capaiannya mencapai 99,04% dan realisasi anggaran capaiannya mencapai 87,73%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.